Pelatihan Mesin Destilator Minyak Atsiri/Mesin Suling di Lumajang (# 2)

Melanjutkan postingan artikel pelatihan mesin destilator minyak atsiri kami sebelumnya…

Proses Penyulingan Minyak Nilam/Minyak Atsiri

Minyak nilam adalah salah satu jenis minyak atsiri yang dapat disuling dengan Destilator Minyak Atsiri. Selain minyak nilam, alat mesin produksi ini dapat digunakan pula untuk menyuling minyak cengkeh, minyak pala, minyak sereh, dll. Sekedar info saja, harga minyak nilam saat artikel ini ditulis adalah Rp. 285 ribu/kg sedangkan harga minyak cengkeh adalah Rp. 55 ribu/kg. Harga berlaku di pengepul minyak atsiri di Dampit, Kab. Malang.

Proses penyulingan minyak nilam dan jenis minyak atsiri lainnya secara prinsip sama. Prinsip penyulingan ini juga berlaku pada mesin suling kami yang ada di kota lain. Nah, pada pelatihan kali ini disuling daun nilam dan batang/ranting nilam yang telah dikeringkan sejumlah 75 kg. Digunakan daun nilam dan batang/ranting nilam (selanjutnya disebut nilam kering) dengan perbandingan 1:1. Nilam kering dimasukkan ke dalam keranjang berlubang yang bertingkat dua. Kemudian diberi percikan air untuk membantu mempercepat proses awal penguapan minyak dalam bejana bahan.

Setelah itu pompa air pada tandon air dinyalakan untuk menjalankan sistem pendinginan pada bagian kondensor. Lalu sistem pembakaran mulai dinyalakan untuk memanasi air pada steam boiler. Default sistem pembakaran pada mesin suling ini menggunakan LPG. Kompor gas, selang dan regulator high pressure sudah termasuk dalam paket mesin. Sedangkan tabung LPG disediakan oleh pemilik sendiri.

Tips optimasi gas LPG:
Celupkan tabung LPG ke dalam air panas untuk mencegah proses pengkristalan gas akibat tekanan kerja yang cukup tinggi (high pressure).

Nah, pada saat inilah proses penyulingan mulai berlangsung. Minyak nilam yang masih bercampur dengan air akan keluar melalui stop kran pada bagian bawah kondensor. Minyak nilam yang keluar ditampung dengan wadah khusus yang biasanya bisa langsung memisahkan campuran minyak nilam dan air. Wadah ini bisa terbuat dari plastik (kaleng cat bekas) yang telah dimodifikasi sehingga bisa memisahkan campuran minyak nilam dan air dengan prinsip perbedaan berat jenis. Minyak akan berada di atas dan air akan berada di bawahnya. Karena berat jenis (BJ) minyak lebih rendah daripada BJ air.

Oke, sekian dulu ulasan singkat seputar kegiatan pelatihan destilator minyak atsiri di Lumajang. Kami tunggu responnya ya…

1 Response to “Pelatihan Mesin Destilator Minyak Atsiri/Mesin Suling di Lumajang (# 2)”


  1. 1 sulastri Februari 24, 2010 pukul 4:10 am

    Bapak yang terhormat,

    Boleh diinformasikan dengan lebih jelas spesifikasi mesin suling dan kapasitas produksi ? Mohon konfirmasikan pula berapa biayanya.
    Jika bisa, dimana tempat showroom mesin Bapak berada dan kapankah waktu yang diperbolehkan untuk saya kunjungi ?
    Mohon konfirmasi segera.
    Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: